APAKAH INDONESIA SUDAH MERDEKA?

indonesia telah merdeka kurang lebih 67 tahun yang lalu,.. namun kemerdekaan tersebut masih bersifat simbolis dan merdeka dari penjajahan secara kedudukan saja. namun dari yang lainya saya belum melihatnya   berikut akan saya sampaikan beberapa hal yang harus kita renungi dalam menyongsong kemerdekaan kita saya sangat menginginkan generasi Muda Indonesia atau (generasi Y) bisa berfikir dan bertindak untuk mengisi kemerdekaan ini....
ada beberapa hal yang menjadi pekerjaan rumah dan renungan kita saat kemerdekaan ini:
1. Penjajahan Politis
Penjajahan secara Politis di indonesia tampak dari berbagai kebijakan pemerintah yang masih tidak
bisa mandiri. sehingga selalu saja dalam penentuan kebijakan dalam dan luar negeri kita tidak bisa bebas sesuai keinginan masyarakat indonesia,.. ini sangat bertentangan dengan prinsip Politik luar negeri kita yaitu bebas aktif. sebagai contoh saat terjadi kekerasan di timur tengah (negera-negara islam) palestina, Iraq, afghanistan serta pembantaian muslim rohinga, kita seolah memejamkan mata, hanya bisa bicara tanpa ada intervensi tertentu,.. kita hanya menghimbau dan mengajukan pendapat,.. sebetulnya kalau kita mau dan memang benar-benar bebas tidak ada intimidasi dari pihak manapun indonesia memiliki peranan yang sangat vital mengingat kita adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia,.. namun demikian kebesaran dan kuantitas kita tidak dijadikan kekuatan utama, hanya karena kita takut dikucilkan dan takut tidak diberikan Pesawat rongsokan f 16. dalam hal ini ada keanehan kenapa dalam hibah pesawat f 18 tersebut terkean di perlambat dan dipersulit,.. sebetulnya kalau kita bisa membaca sebenarnya ini adalah suatu strategi agar kita diam,.. kita begitu takut untuk berpendapat karena banyak sekali faktor, hanya demi seonggok pesawat bekas dari USA kita menjadi tak bisa  bicara lantang,.. kita kalah taktik,.. kita jadi tumpul karena iming2 hibah pesawat yang sampai saat ini masih belum jelas,.. 
2. Penjajahan Ekonomi
penjajahan secara ekonomi begitu banyak namun saya ingin menggambarkan satu hal yang selama ini kita jarang membahasnya. yaitu tentagn nilai tukar atau kurs. negara-negara imperialis dan kolonialis menempatkan strategi yang begitu cantik dan apik melalui permainan mata uang. dimana permasalahanya ? 
adalah di perbedaan mata uang yang begitu mencolok kenapa? nilai tukar rupiah terhadap $ amerika begitu mencolok.$ 1   vs Rp.9.000. dampaknya seperti apa. orang dari amerika dan erofa jika mereka hanya memiliki uang $1000 di egaranya dikatakan miskin namun bagaimana jika datang ke indonesia huft,.. $100000=Rp. 900.juta. dengan Rp. 900juta mereka bisa membeli apa saja. secara otoatis ini sudah mendeskripsikan kita kedalam zona kelas 3. mereka bisa membeli apapun dari kekayaan alam indonesia dengan harga yang sangat murah. namun sebaliknya saat kita akan membeli dari mereka tentu hanranya akan sangat mahal,.. ini adalah hal kecil yang kita hadapi sehari-hari namun kadang kita tidak terpikirkan sampai kesana. tugas anda generasi muda indonesia untuk memikirkanya,.. 
3. Penjajahan Moral dan mentalitas
ini sudah jelas terlihat daari sejarah kelam bangsa indonesia. indonesia merupakan bangsa yang unggul namun dengan penjajahan lebih dari 350tahun atau sekitar 7turunan. maka nilai-nilai itu semakin luntur. kita bahkan tidak bisa menentukan pola hidup,.. 
sistem pemerintahan dan lain sebagainya. pola pikir kita telah berubah dari yang dahulunya sangat pemberani terkenal dengan perahu pinisinya yang mampu mengarungi samudera dan menguasai perdagangan namun bagaimana kini yang terjadi. kita kehilangan sosok nenek moyang kita yang ulung dalam pelayaran. dahulu indonesia dijajah karena rempah-rempahnya kita sangat terkenal dengan perdagangan rempah2 yang artinya dahulu banyak sekali pedagang dan sudagar dari indonesi yang berdagang ke berbagai negara dengan perahu pinisinya. dan suatu hal yang saya yakini nenek moyang kita dalam menggunakan perahu pinisi ke berbagai negara bukan untuk menangkap ikan namun mereka sebagai diplomat dan saudagar kaya yang menjual rempah-rempah sebagai kekayaan alam asli indonesia. penjajahan mental lah yang menjadikan indonesia sepertiu sekarang ini para penjajah telah mencuci otak dan pemikitran para orang tua kita. bagaimana caranya? mereka masuk ke dalam pemerintahan kita masa dahulu kemudian bagi mereka yang bekerja mengabdi kepada pemerintahan mereka akan mendapatkan kekayaan dan kesenangan hidup. sehingga dampak sampai sekarang adalah pola pikir masyarakat yang cenderung untuk bekerja. padahal dalam sejarah nenek moyang terdahulu bangsa indonesia tiada kamus yang mengharuskan kita untuk menjadi pekerja atau karyawan. ini adalah masalah fatal negara i ni kita masih dijajah secara pola pemikiran,.. tugas generasi mudalah untuk mengembalikan kejayaan bangsa indonesia sebagai negeri para saudagar dan pebisnis internasional. 
4. Penjajahan Teknologi
kita masih sulit sekali untukbisa mandiri secara teknologi. yang terbaru adalah tidak lolosnya uji emisi mobil karya SMK. jika anda tau apa sih yang menyebabkan tidak lolos adalah standar emisinya yang terlalu besar. saya tertawa ketika menerima kabar tersebut. negara kita seolah sudah maju dengan menetapkan standar emisi. padahal milik siapa sih standar emisi tersebut. sebetulnya kita belum punya standar indonesia untuk gass emisi. namun kita kalah taktik dan trik mengenai hal ini yang akhirnya dengan alasan gas buang emisi terlalu besar teknologi kita harus diam di tempat. tidak berlanjut proyeknya,.. kemudian secara teknologi kita hanya dijadikan sasaran pasar semata. masih jarang ada perusahaan nasional milik bangsa yang mampu merancang dan menghasilkan teknologi yang baik. kita memang bisa merakit notebook, sepeda otor, mobil, pesawat terbang, peralatan tempur dll,.. namun itu bukan menciptakan tapi hanya merakit saja.yang namanya merakit belajar 3 bulan aja pasti bisa hanya pasang-pasang saja,.. 
wahai yang muda saat Negara barat dapat mengirimkan teknologi luar angkasanya ke planet mars apa yang kita lakukan,. apakah akan bertepuk tangan atau akan berfikir dan bertindak,.. kita sebagai egara muslim ditertawakan karena kita tak bisa berbuat apa-apa,.. namun jika kita lihat saat iran maju mereka segera melancarkan propaganda bahwa irang memiliki senjata nuklir untuk berperang, meski sudah dijelaskan berkali-kali bahwa tujuanga untuk damai. sementara mereka diam saat negara sekutunya memiliki ratusan hulu ledak nukklir dan mengabaikan ham,.. bangkitlah wahai negeriku,.. kuasai teknologi agar kita bisa sejajar dengan negara maju lainya,.. jangan biarkan generasi kita nanti hanya menjadi objek pemasaran negara-negara kuat dan maju,.. jangan biarkan.
5. Penjajahan Sumber daya Manusia
indonesia kalau saya presentasikan sebagai manusia yang paling rajin sedunia,.. ini adalah kenyataan jadi secara kerja masyarakat indonesia adalah yang terbaik. seorang pejuang dan pekerja keras. namun ini kebablasan jadi pekerja selamanya. bayagkan saat dari negara lain mengirimkan doktor dan insinyur ke indonesia kita balas dengan mengirimkan tki dan tkw kesana. jika orang luar negeri datang ke indonesia uanutk menjadi para direktur dan manajer kita datang ke luar negeri hanya untuk menjadi pembantu dan pegawai pabrikan,.. tidak kasiankah saat ada melihat saudara kita banyak yang disiksa di luarnegeri bahkan sebagian diantara mereka meninggal dengan kisah yang tragis dan memilikan. akankah kita membiarkan hal ini terjadi terus menerus, bagaimana jika itu mengenai pada keluarga anda akankan anda diam dan berpangku tangan. 
wahai yang muda cari tahu kenapa banyak sekali masyarakat indonesia yang bekerja ke luar negeri apakah diindonesia tidak ada pekerjaan lagi ? lantas anda akan bertindak apa. masalah ini sebenarnya masih menyangkut dengan permasalah nilai tukar. kenapa jika kerja di dalam negeri atau di indonesia utuk jadi pembantu rumah tangga paling digaji dengan nilai 300-400ribu perbulan tapi saat kerja di luar negeri dengan kerjaan dan profesi yang sama gajinya bisa menjcapai 3-5 jt. dengan resiko disiksa bahkan dibunuh,.. tapi tetep menarik karena nilainya sangat tinggi,.. 
ini adalah masalah besar,.. selama di dalam negeri nilai kerja dihargai kecil dan pengusaha hanya sedikit maka ekspor Penduduk indonesia tidak akan berhenti,.. sehingga jadilah pengusha pengusaha muda yang handal dan sukses sehingga bisa memberikan lowongan pekerjaan bagi penduduk dan masyarakat indonesia,.. 
6. Penjajahan SDA
tahukah ada sangat banyak sekali perushaan luar negeri yang mengeruk kekayaan alam indonesia dengan keuntungan yang sangat besar sementara indonesia hanya diberi komisinya saja. jangan biarkan kekayaan alam kita dikeruk oleh orang lain. ini adalah tanah leluhur manfaatkanlah untuk  menghidupi masyarakatnya anak cucunya dan keturunanya,.. freeport, shell, petronas dll mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari bumi indonesia. apakah tidak ada perusahaan nasional yang mampu mengelola? tentu banyak namun kadang kta lebih bangga jika mengguakan merek terkenal. sementara kita menutup mata terhadap perusahaan karya anak bangsa,..

bangkitlah indonesiaku,.. bangkitlah negeriku,..
saatnya kita menyatukan hati, menyatukan rasa,.. menyatukan cita-cita,.. untukmu indonesia jaya

1 komentar:

  1. Setuju,,,sudah saatnya berfikir maju kedepan membangun negeri kita tercinta jgn hanya memikirkan kehidupan kelompok atau kaum saja tapi seluruh bangsa.

    BalasHapus

animasi naruto bergerak atau gif