KOPERASI GENERASI MANDIRI


    PEMBENTUKAN KOPERASI GENERASI MANDIRI ATAU POJOK UKM DI SETIAP SEKOLAH
Dalam hal ini komunitas wirausaha diharapkan bisa membentuk koperasi siswa bagi sekolah yang belum memiliki koperasi siswa, sedangkan bagi yang telah memiliki koperasi siswa maka anggota komunitas diharapkan bisa mengelola pojok UKM. Pojok UKM ini adalah space khusus yang disediakan di koperasi sekolah/siswa untuk memajang dan memasarkan produk hasil karya siswa sekolah (YESS COMMUNITY), kelompok usaha masyarakat (MEM), Moslem Entrepreneur (ME) dan dari Komunitas Wirausaha Muda Putus sekolah.
Keberadaan pojok UKM ini sangat penting untuk pemasaran produk UKM, karena permasalahan utama dalam pengembangan kewirausahaan ini adalah dalam hal pemasaran. Dengan adanya Koperasi Wirausaha mandiri atau Pojok UKM ini maka permasalahan pemasaran wirausaha produktif bisa teratasi. Hal ini mengingat pangsa pasar yang begitu besar bila produk tersebut dipasarkan di sekolah.
Program yang akan dijalankan adalah dengan penyediaan etalase bagi sekolah yang ikut program pendidikan wirausaha sekolah.
Produk yang dihasilkan dari tiap Komunitas baik di sekolah, masyarakat, maupun pesantren akan ditampung di Koperasi Wirausaha Mandiri untuk selanjutnya di distribusikan ke seluruh Komunitas yang ada di sekolah melalui Pojok UKM. Hal ini memberikan kesempatan dan peluang yang sangat bagus khususnya bagi sekolah yang bisa membuat dan menciptakan produk, karena bisa langsung dikenal dan dipasarkan di seluruh sekolah yang berada di Kabupaten Ciamis. Sehingga diperlukan dukungan khususnya dari dinas pendidikan, sekolah-sekolah dan instansi lainya yang terkait dengan program.
Semoga program ini bisa berjalan dan mendapat dukungan penuh baik secara dari Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Ciamis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

animasi naruto bergerak atau gif